Biografi Pertempuran Kadesh : Chapter 03

Melodies of life. Pertempuran Kadesh (Chapter 03)
Kampanye Kadesh
Pasukan Ramesses menyeberangi perbatasan Mesir pada musim semi pada tahun kelima pemerintahannya dan, setelah berarak selama sebulan, mereka tiba di wilayah Kadesh dari arah selatan.
Raja Het, Muwatili, yang telah mengumpulkan beberapa sekutunya (di antaranya adalah Rimisharriana, raja Aleppo) menempatkan pasukannya di belakang "Kadesh Lama." Akan tetapi Ramesses, karena disesatkan oleh dua orang mata-mata yang tertangkap oleh pasukan Mesir, mengira bahwa pasukan Het masih jauh di Aleppo, sehingga dia memerintahkan pasukannya untuk mendirikan perkemahan

Pasukan
Pada musim semi pada tahun kelima pemerintahannya, tepatnya pada bulan Mei 1274 SM, Ramesses melancarkan kampanye dari ibukotanya Pi-Ramesses (Quantir modern). Ramesses memimpin pasukan yang terdiri atas 4 divisi: Amun, Re (P're), (Suteh), dan divisi Ptah yang tampaknya baru dibentuk. Ada juga pasukan yang didokumentasikan dengan buruk yang disebut nrnn (Ne'arin atau Nearin), mungkin mereka adalah tentara bayaran Kanaan yang mengabdi kepada Mesir atau bahkan orang Mesir yang ditinggalkan oleh Ramesses II di Amurru, kemungkinan untuk mengamankan pelabuhan Sumur.

Divisi ini akan memainkan peranan yang amat penting dalam pertempuran. Yang juga penting adalah kehadiran pasukan Sherden dalam pasukan Mesir. Ini adalah kali pertama mereka tampil sebagai tentara bayaran Mesir, dan mereka kelak akan memberikan peranan yang semakin lama semakin penting dalam sejarah Zaman Perunggu Akhir, pada akhirnya muncul di antara Bangsa Laut yang mengobrak-abrik Mediterania pada akhir Zaman Perunggu.

Mark Healy, dalam bukunya Armies of Pharaoh, mencermati
"Mustahil untuk mengetahui persis mengenai jumlah pasukan kereta perang Mesir di Kadesh, namun jumlahnya tidak mungkin kurang dari 2000 kendaraan yang disebarkan ke dalam korps Amun, P'Re, Ptah, dan Sutekh, dengan asumsi bahwa sekitar 500 kereta perang dialokasikan bagi tiap korps. Ke dalam jumlah ini kita juga harus menambahkan tentara Ne'arin karena jika mereka bukanlah pasukan pribumi Mesir, jumlah mereka mungkin tidak dapat dihitung berdasarkan kereta perang yang diambil dari korps pasukan"

Di pihak Het, Ramesses II mencatat sebuah daftar panjang berisi 19 sekutu Het yang dibawa oleh Muwatalli ke Kadesh. Daftar ini telah mengundang minat yang amat besar selama bertahun-tahun karena menjadi tantangan untuk mengidentifikasi semua lokasi di sana, karena daftar itu menggambarkan bentangan luas negeri-negeri taklukan Het, dan karena terdapat beberapa daerah di Anatolia barat, yang tampaknya meliputi orang Dardania yang disebut-sebut oleh Homeros.

sumber : Wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar